Inilah Poin-poin Gugatan Prabowo di Sidang MK Sejauh Ini!

Jakarta, Klikshare.info- Sidang perdana gugatan Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno digelar di Mahkamah Konstitusi. Sidang kini diskors dan akan dilanjutkan kembali sesuai salat Jumat. Berikut hal-hal yang terjadi selama sidang dan poin gugatan yang dibacakan. 

Poin-poin Gugatan Prabowo di Sidang MK Sejauh Ini

Sidang digelar di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2019). Sidang MK dimulai pukul 09.00 WIB dan diskors pada 11.15 WIB untuk jeda salat Jumat. 

Berikut rangkuman singkat dari jalannya sidang MK sejauh ini:

Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf Tak Hadir

Prabowo dan Sandiaga sebagai penggugat serta Jokowi dan Ma'ruf sebagai pihak terkait tidak menghadiri sidang perdana MK. Mereka diwakili oleh kuasa hukum masing-masing. 

Tim kuasa hukum Prabowo-Sandiaga dipimpin oleh Bambang Widjojanto sementara tim kuasa hukum Jokowi-Ma'ruf dipimpin Yusril Ihza Mahendra. Ketua KPU Arief Budiman hadir karena KPU merupakan termohon di sidang MK ini

Ketua MK tegaskan Tak Bisa Diintervensi

Saat membuka sidang, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman memastikan MK tak bisa diintervensi oleh siapapun. Usman memastikan hanya tunduk pada konstitusi dan peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan konstitusi dan sumpahnya. Ia mengakui 9 hakim konstitusi berasal dari 3 lembaga, yakni presiden, Mahkamah Agung, dan DPR.

Tim Prabowo Bacakan Gugatan Versi Perbaikan

Saat sidang, tim Prabowo tidak membacakan permohonan yang diajukan pertama kali pada 24 Mei 2019. Yang mereka bacakan adalah permohonan versi perbaikan. Sebelumnya, MK meregistrasi gugatan hasil pilpres yang dilayangkan Prabowo-Sandiaga pada 24 Mei lalu. Adapun perbaikan permohonan yang dilayangkan Senin (10/6) hanya dijadikan lampiran. 

Tim Hukum Jokowi Interupsi

Di awal persidangan tim hukum pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin meminta interupsi. Interupsi dari tim hukum Jokowi-Ma'ruf berawal ketika ketua tim hukum pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Bambang Widjajanto (BW) membacakan permohonan

Tim Prabowo Klaim Menang 52 Persen

Tim hukum capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengklaim kemenangan dalam Pilpres 2019. Tim Prabowo menyebut hasil penghitungan KPU tidak tepat. Menurut tim hukum Prabowo, data perolehan suara yang benar adalah sebagai berikut: Jokowi-Ma'ruf Amin 63.573.169 (48%), sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 (52%). 

Tim Prabowo Sebut Link Berita Bisa Jadi Bukti

Tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kembali menyertakan tautan link-link berita dalam perbaikan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka meyakini berita-berita tersebut akurat dan punya nilai kebenaran. Anggota Tim Hukum Prabowo, Denny Indrayana, menyebut contoh-contoh kantor berita tersebut yang dikutipnya. Seperti Kompas, Tempo, detikcom, CNNIndonesia, dan Tirto.id.

Tim Hukum Prabowo Tuding Jokowi Lakukan Electoral Fraud, Minta Diskualifikasi

"Pemohon mendalilkan bahwa paslon 01 telah melakukan kecurangan pemilu yang tidak hanya biasa biasa saja, tetapi sudah bersifat terstruktur, sistematis, dan masif," kata tim hukum Prabowo-Sandiaga, Denny Indrayana. 

"Oleh karena adanya kecurangan pemilu (electoral fraud) yang TSM, yang dilakukan oleh paslon 01 dengan menyalahgunakan kekuasaannya selaku presiden petahana, kami memohonkan MK untuk mendiskualifikasi paslon 01 sebagai peserta Pilpres 2019 atau paling tidak melakukan pemungutan suara ulang," sambung Denny. 

Iklan Infrastruktur Jokowi di Bioskop Diungkit

Tim hukum Prabowo menyinggung iklan infrastruktur Jokowi di bioskop. Menurut tim hukum Prabowo, iklan tersebut bisa saja dianggap pemerintah sebagai sosialisasi keberhasilan yang wajar dipublikasikan ke masyarakat. 

Sidang MK Diskors

Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menskorsing sidang gugatan Pilpres 2019. Sidang akan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB usai pelaksanaan ibadah Salat Jumat. 

Sumber/Detik.com/imk/fjp

Belum ada Komentar untuk "Inilah Poin-poin Gugatan Prabowo di Sidang MK Sejauh Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel