Heboh! Nikahi Adik Kandung Sendiri, Ansar Terancam Hukuman 9 Bulan Penjara

Klikshare.info, Makassar - Warga Bulukumba, Sulsel Ansar (32) nekat menikahi adik kandungnya sendiri, Fitriani (20) di Kalimantan. Keduanya mengelabui keluarga dengan meminta izin hendak bekerja ke Malaysia.

Pernikahan sedarah warga Sulsel, Ansar (hitam), memperistri adik kandung (fitriani)
"Tapi ternyata setelah di Kalimantan mereka melakukan nikah siri dan merupakan kegiatan yang memalukan. Proses Ini sejujurnya di luar jangkauan kita ya," kata Wakil Bupati Bulukumba, Tommy Satria, saat berbincang dengan detikcom, Rabu (3/7/2019).

Berdasarkan laporan pihaknya, keluarga mengaku tidak tahu sama sekali soalhubungan kakak-beradik ini. Bahkan istri Ansar, Herfina juga tidak menaruh curiga pada awalnya.

"Namanya sesama saudara ya tidak pernah curiga. Saat minta izin ke Malaysia untuk kerja itu dipersilakan saja," ujarnya.

Dia juga menyebut kejadian pernikahan sedarah yang yang dilakukan oleh warganya menjadi keprihatinan bersama. Oleh karenanya, dia berharap peran aktif orang tua untuk menjaga anak-anak mereka.

"Bagi saya ini menjadi pembelajaran, bahwa seharusnya proses-proses harus dimulai dari rumah tangga sehingga jangan sampai ada penyimpangan pengasuhan sehingga ada sesama saudara saling mencintai," ungkapnya.

"Tentu kami sangat berharap peran orang tua, orang tua memonitor itu tentu juga kepala desa, kecamatan, pemangku agama, membangun kualitas keagamaan kita lebih baik," sambungnya.
kasus ini terungkap pada Juni 2019. Kala itu Ansar mengajak Fitriani kabur dari kampungnya di Bulukumba ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kronologi Pernikahan Sedarah

Informasi pernikahan terlarang itu terkuak setelah salah seorang kerabat Ansar melaporkan kejadian ini ke keluarganya di Kabupaten Bulukumba.
"Jadi ceritanya itu nikah sembunyi-sembunyi di Kalimantan. Jadi saudaranya sendiri dia kawini," kata Kepala KUA Ujung Loe, Makbul, saat dimintai konfirmasi detikcom.

Berdasarkan kabar yang diterima keluarga di Bulukumba, Ansar menikah dengan adik bungsunya ini pada Minggu, 23 Juni 2019, di Kalimantan. Saat itu, Ansar sempat meminta saudara sepupunya, Samparaja, menjadi wali nikah keduanya.

"Bahkan sepupunya itu bernama Samparaja katanya disuruh jadi wali. Tapi dia tidak mau karena kenapa dia bilang tidak mau jadi wali karena yang mau dinikahi saudaramu sendiri," ungkap Makbul.

Kejadian ini membuat istri sah Ansar, Herfina, geram dan melaporkannya ke polisi. Polisi kini memburu Ansar untuk melakukan pemeriksaan. Diduga Ansar masih berada di Kalimantan.

"Informasi yang kita terima dari korban bahwa yang bersangkutan (Ansar) berada di Kalimantan, masih informasi yang kami dapat," ujar Kasat Reskrim Polres Bulukumba AKP Bery Juana melalui sambungan telepon.

Laporan ini, lanjut Bery, masih dalam penanganan unit PPA dan kasus ini masih dalam tahap penyidikan. Sebagai langkah awal, pihaknya telah memeriksa pelapor, Herfina, yang merupakan istri sah Ansar.

"Ya jadi laporan ini baru masuk kita sudah lakukan interogasi kepada korban perempuan HI, di mana perempuan itu HI istri sahnya dari lelaki ini, yaitu AN," sebutnya.

Adapun pasal yang dilaporkan oleh Herfina ke Ansar ialah Pasal 284 KUHP tentang perzinaan.

"Pasal yang disangkakan dalam laporan ini yaitu kasus perzinaan 284 ayat 2, di mana ancaman hukuman maksimal 9 bulan," ujar Bery.

sumber/detik.com/ika/mas

Belum ada Komentar untuk "Heboh! Nikahi Adik Kandung Sendiri, Ansar Terancam Hukuman 9 Bulan Penjara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel