WNI Singapura Positif Terjangkit Virus Corona Diketahui Tertular Dari Majikan

Klikshare.info, Dilansir dari halaman detik.com- Seorang warga negara Indonesia (WNI) positif tertular virus Corona di Singapura. Pemerintah memperketat pintu keluar-masuk Indonesia dari Singapura.

foto/egindo.co
Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sugihartono mengatakan seorang WNI di Singapura yang positif tertular wabah virus Corona tengah ditangani oleh Kementerian Kesehatan Singapura. Menurutnya, untuk mengantisipasi penularan ke Indonesia, pihaknya akan memperketat pintu keluar-masuk dari Singapura ke Indonesia di bandara dan pelabuhan.

"Terkait dengan hal itu, pemerintah Indonesia meminta inventarisir sekaligus melakukan pengetatan terhadap pintu masuk dari berbagai negara, termasuk di antaranya Singapura," kata Anung lewat video konpers di kantor Kemenkes, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020).

Anung menyebut setiap hari sedikitnya ada belasan ribu orang keluar-masuk Indonesia-Singapura melalui bandara dan pelabuhan. Mereka yang melakukan perjalanan Indonesia-Singapura, kata Anung, adalah para pekerja ataupun wisatawan.

"Saat ini, per hari ini diperkirakan setiap hari ada sekitar 17.000 orang berlalu lalang dari Singapura ke Indonesia. Baik sebagai wisatawan maupun traveler yang bekerja. Itulah yang menjadi perhatian kita semua di Indonesia," katanya.

Anung menyebut prosedur pengetatan di pintu keluar dan masuk ke Indonesia merupakan prosedur penting yang harus dilakukan. Hal itu, kata dia, sebagai bentuk menjaga warga Indonesia dari wabah virus Corona.
"Sebagaimana yang tadi disampaikan semua penerbangan dan semua pintu masuk dari Singapura. Karena di Singapura ini berbeda, penularannya berbeda," kata Anung.

"Prosedur tetap kekarantinaan menjadi satu hal yang sangat penting, termasuk sekarang memperketat bagi orang-orang yang sering bolak-balik, keluar-masuk ke atau dari Singapura. Karena itu menjadi bagian yang harus dilakukan kepada masyarakat," sambungnya.

Anung mengimbau seluruh WNI di Singapura tetap waspada dengan menjaga kebersihan dan kesehatan. Menurutnya, WNI di Singapura harus memperhatikan imbauan yang dilakukan pemerintah Singapura.

Sebelumnya, seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (4/2), Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) menyebut empat dari enam kasus baru yang terkonfirmasi di Singapura masih berkaitan dengan turis-turis asal China. Empat kasus itu disebut sebagai kasus virus Corona dengan penularan lokal pertama di Singapura.

Tiga warga Singapura, yang semuanya wanita, dinyatakan positif virus Corona terkait rombongan turis China itu. Dua orang di antaranya merupakan agen sales di Yong Thai Huang dan satu orang lainnya merupakan pemandu wisata dari rombongan turis China itu.

Satu orang lainnya yang juga positif virus Corona tidak melakukan kontak langsung dengan rombongan turis China itu, tapi dia bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) dari salah satu wanita Singapura yang menjadi sales di Yong Thai Huang. PRT itu disebut berkewarganegaraan Indonesia dan berusia 44 tahun.

Belum ada Komentar untuk "WNI Singapura Positif Terjangkit Virus Corona Diketahui Tertular Dari Majikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel