Pemprov DKI Berikan Bantuan Sembako Senilai Rp149 Ribu, Tanpa Uang - klikshare.info

Pemprov DKI Berikan Bantuan Sembako Senilai Rp149 Ribu, Tanpa Uang

tirto.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya memberikan bantuan sembako kepada warga miskin dan rentan miskin ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membentuk tim Covid-19 untuk mengawasi dan memantau virus corona, Senin (2/3/2020).  tirto.id/Riyan Setiawan

 Bantuan sembako tersebut: Beras 5 kilogram; Sarden/Kornet 350 gram; Snack 300 gram; Minyak Goreng 0,9 liter-1,0 liter; Sabun Mandi 190 gram; dan Masker kain 2 pics. “Total paket seharga Rp149.500 per paket. Sudah termasuk delivery sampai ke warga plus packing dan upah," kata Kepala Divisi Perkulakan, Retail, dan Distribusi kepada wartawan, Sabtu (11/4/2020). 

Pada setiap paket, kata dia, berisi barang yang sama. Namun dirinya memastikan jika Pemprov DKI tidak memberikan bantuan berupa uang, melainkan hanya sembako saja. "Tidak ada uang tunai seperti hoaks yang sudah beredar saat ini," ucapnya. 

Selama melakukan mendistribusikan paket, Pemprov DKI menerjunkan sebanyak 300 personel. Pemprov DKI menargetkan sebanyak 20.000 paket perhari yang dikirimkan kepada warga miskin dan rentan miskin. "Semuanya diusahakan terpenuhi sesuai target," tuturnya. 

Dinas Sosial (Dinsos) DKI sebelumnya mengatakan bantuan sosial itu diberikan kepada 1,2 Kartu Keluarga (KK) yang tidak mampu dan rentan COVID-19 selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pendistribusian bansos itu dilakukan mulai 9 sampai 18 April 2020 dengan target 1,2 juta KK.

Kemudian menyusul tahap kedua pada 19 sampai 23 April 2020. Selama proses pendistribusian, Pemprov DKI bekerja sama dengan TNI-Polri, serta tetap menerapkan prinsip physical distancing. "Masyarakat tidak perlu berkumpul untuk mendapatkan bansos, kami yang akan datang door to door agar tidak menimbulkan kerumunan yang berpotensi menyebabkan penularan COVID-19 lebih luas lagi," kata Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah melalui keterangan tertulisnya. 

Jumlah total dana yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta sepertinya berbeda dengan apa yang pernah dijanjikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pada saat melakukan dialog bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Anies mengatakan akan memberikan bansos kepada 3,7 juta warga miskin, rentan miskin, terutama yang terdampak kebijakan penanganan COVID-19 atau pandemi virus Corona. 

Kemudian dana yang diberikan sebesar Rp1 juta, bukan sembako senilai Rp149.500 tanpa ditambahkan uang tunai. Berdasarkan catatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI, Anies mengatakan sebanyak 1,1 juta orang miskin yang tercatat secara resmi. Sementara sisanya kelompok rentan miskin sebanyak 2,6 juta akan dibantu oleh pemerintah pusat. "Tim DKI dan Kemensos sepakati memberikan dukungan di angka Rp 1 juta per keluarga untuk digunakan bersama-sama," kata Anies kepada Ma'ruf, Kamis (2/4/2020).



Belum ada Komentar untuk "Pemprov DKI Berikan Bantuan Sembako Senilai Rp149 Ribu, Tanpa Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel