PLN : Ini 3 Syarat dan Cara Dapat Token Listrik Gratis dari Jokowi - klikshare.info

PLN : Ini 3 Syarat dan Cara Dapat Token Listrik Gratis dari Jokowi

Klikshare.infoBeberapa orang mengalami ekonomi sulit di tengah pandemi corona. Pemerintah pun memberikan keringanan untuk biaya jasa listrik selama 3 bulan ke depan. Sayangnya, listrik gratis ini tidak bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh seluruh masyarakat.

Listrik Gratis Tiga Bulan, Simak Ketentuan Pengguna Token ...

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, "Pemerintah akan memberikan keringanan sejumlah penggunaan maksimum KWh selama tiga bulan belakang. Untuk golongan 450 VA, mulai April, Mei hingga Juni akan mendapat listrik gratis sebesar jumlah penggunaan maksimum di tiga bulan sebelumnya dari Januari ke Maret."

1. Golongan Tertentu

Listrik gratis yang diberikan pemerintah hanya untuk golongan pelanggan dengan kapasitas daya listrik sebesar 450 Volt Ampere (VA). Data PT PLN (Persero) mencatat ada sekitar 24 juta pelanggan listrik 450 VA yang merupakan masyarakat golongan menengah ke bawah.

2. Subsidi 50 Persen

Selain daya listrik 450 VA, untuk daya 900 VA diberikan subsidi diskon sebesar 50 persen. PT PLN mencatat, pelanggan dengan daya 900 VA ada sekitar 7 juta.

3. Berlaku 3 bulan

Fasilitas listrik gratis bagi pelanggan 450 VA dan subsidi 50 persen untuk daya 900 VA berlaku selama tiga bulan. Mulai dari April, Mei dan Juni 2020.

Lalu bagaimana yang menggunakan listrik token?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, "Untuk prabayar golongan 450, atau yang beli token, itu diberikan token gratis sebesar pemakaian bulanan. Kami dan PLN, sudah punya profile-nya pelanggan dan mereka ketahuan beli maksimumnya dalam 3 bulan terakhir itu berapa," kata Rida melalui video conference kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Sementara itu untuk pelanggan golongan 900 VA, pemerintah tetap menggunakan angka pembelian listrik maksimum selama tiga bulan sebelumnya. Nantinya, setengah jumlah listrik dari angka tersebut akan digratiskan.

Cara Pelanggan Dapatkan Token Listrik Gratis!

Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Sementara untuk pelanggan pra bayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id  Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir. 

Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50%. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dan berikut mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi. 

Mekanisme website dengan cara: 

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Atau anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

1. Buka Aplikasi WhatsApp
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut” Ungkap Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka. 

kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu. 

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi” Tutup Made. 

Sumber Berita/ pln.go.id
www.detik.com

4 Komentar untuk "PLN : Ini 3 Syarat dan Cara Dapat Token Listrik Gratis dari Jokowi "

  1. Sy sudah chat dan balasannya ketik 1. Dan kemudian aku ketik 1 tapi gadak respon lagi, gmna sih?

    BalasHapus
  2. Saya udh kunjungi situs www.pln.co.id ga bisa bisa . Udah whatsapp juga ga ada respon . Gimana itu ???

    BalasHapus
  3. Sudah saya chat blsnya ketik 1 dan sudah saya ketik.tp blsnya tetep sma.listrik jg sdh habis bunyi trus,trus gmn cranya.

    BalasHapus
  4. Kenapa tidak ada respon dari wasapp

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel