Gubernur Kepri positif corona usai dilantik Presiden Jokowi - klikshare.info

Gubernur Kepri positif corona usai dilantik Presiden Jokowi


Klikshare.info, dilansir dari Kompas.com, JAKARTA. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak akan mempercepat jadwal swab test atau tes usap rutinnya usai Gubernur Kepulauan Riau Isdianto dinyatakan positif corona (Covid-19).

Video Gubernur Baru Kepri Positif Covid-19 Usai Dilantik Jokowi

Meski Presiden Jokowi baru saja melantik Isdianto pada Senin (27/7/2020) lalu, namun Heru meyakini tak terjadi penularan karena pelantikan itu sudah dilakukan dengan protokol pencegahan Covid-19. "Tidak (percepat swab test), kan baru jumat kemarin. Dan kami sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat," kata Heru kepada Kompas.com, Sabtu (1/8).

Menurut Heru, dua hari sebelum pelantikan, pihak Istana sudah meminta Isdianto dan keluarga serta rombongan terbatas yang akan memasuki Istana untuk melakukan swab tes. "Swab tes dilakukan di Jakarta hari Sabtu (25/7) dan hasilnya negatif," kata Heru.

Setelah swab test, Isdianto dan kuarga juga diminta melakukan karantina mandiri di hotel. Mereka disebut baru meninggalkan hotel saat menuju Istana untuk pelantikan.

Setibanya di istana mereka juga diminta untuk melakukan rapid test. Hasilnya semuanya non reaktif. "Jadi saat masuk ke Istana kami bisa pastikan dalam kondisi negatif," kata Heru.

Lalu acara pelantikan juga dilakukan dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, membatasi jumlah tamu, dan tanpa kontak fisik. "Contoh tidak memberikan langsung surat keputusannya namun di siapkan meja untuk gubernur mengambil. Kami juga meniadakan penandatanganan berita acara sehinga tidak bersentuhan langsung," kata dia.

Namun setelah acara pelantikan di Istana, Heru mengaku tidak tahu lagi apa aktivitas yang dilakukan Isdianto dan keluarga di Jakarta. "Mungkin tertularnya setelah acara pelantikan," kata dia.

Sebelum peristiwa ini, Presiden Jokowi juga sempat bertemu dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo di Istana. Beberapa hari setelah pertemuan, Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19. Mengetahui kabar itu, Presiden Jokowi pun langsung melakukan test swab.

Belum ada Komentar untuk "Gubernur Kepri positif corona usai dilantik Presiden Jokowi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel